PENINGKATAN PERAN KADER DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT TB DI KELURAHAN PENGASINAN BEKASI

Authors

  • Anung Ahadi Pradana STIKes Mitra Keluarga
  • Rohayati Rohayati STIKes Mitra Keluarga

DOI:

https://doi.org/10.47522/jmm.v1i2.15

Keywords:

kader, pengabdian kepada masyarakat, tuberkolosis

Abstract

Tuberkulosis paru merupakan penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium tuberculosis) dan memerlukan penanganan dari berbagai pihak. Angka kejadian TB yang semakin meningkat setiap tahun di Indonesia membutuhkan penanganan berkelanjutan dan lintas sektor dengan melibatkan masyarakat sebagai bagian yang turut berperan. Pentingnya peran masyarakat melalui kader kesehatan dalam mencegah penularan penyakit TB melalui pendidikan kesehatan bagi masyarakat menjadi salah satu kunci yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilakukan untuk meningkatkan peran kader kesehatan dalam mencegah TB melalui penyegaran ilmu dan kemampuan memberikan penyuluhan kesehatan. Pentingnya Pemerintah melalui Dinas Kesehatan untuk secara terus menerus meningkatkan, memotivasi, serta menjalin hubungan baik dengan kader dan pihak swasta dapat menjadi kekuatan kuat dalam mencegah meningkatnya angka penularan TB di masyarakat.

References

Anisah, I. A., Kusumawati, Y., & Kirwono, B. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Kader Communty Tb Care ‘Aisyiyah Surakarta. Jurnal Kesehatan, 10(2), 47–57.

Dinas Kesehatan Bekasi. (2014). Profil Kesehatan Kota Bekasi Tahun 2014. Bekasi: Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). RISET KESEHATAN DASAR. Jakarta: Kemenkes RI.

Pebryanty, P., Restuastuti, T., & Zahtamal. (2017). PENGETAHUAN DAN TINDAKAN KADER TB DALAM UPAYA PENGENDALIAN PENYAKIT TB PARU DI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Jurnal Online Mahasiswa, 4(2), 1–14.

Syarah, M. M., Sarwoprasodjo, S., & Lumintang, R. W. E. (2014). Peran Komunikasi Kesehatan pada Kalangan Masyarakat Miskin. Makara Hubs-Asia, 18(2), 149–158.

World Health Organization. (2013). Tuberculosis. Retrieved from https://www.who.int/health-topics/tuberculosis#tab=tab_1

Yanti, N. L. P. E. (2016). PENGENDALIAN KASUS TUBERKULOSIS MELALUI KELOMPOK KADER PEDULI TB (KKP-TB). Jurnal Keperawatan Community of Publishing in Nursing (COPING), 75–80.

Yuniar, I., Sari, K. P., & Yudha, H. T. (2017). ANALISA SITUASI TUBERKULOSIS (TB) DI KABUPATEN KEBUMEN. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 13(1), 42–51.

Downloads

Published

2019-06-24

How to Cite

Pradana, A. A. ., & Rohayati, R. (2019). PENINGKATAN PERAN KADER DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT TB DI KELURAHAN PENGASINAN BEKASI. Jurnal Mitra Masyarakat (JMM), 1(2), 16–23. https://doi.org/10.47522/jmm.v1i2.15