Edukasi dan Pembinaan Pemeriksaan Golongan Darah Serta Apusan Darah Tepi Pada Siswa SMA di Kabupaten Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.47522/jmm.v5i2.204Abstract
Pengamatan sel menggunakan mikroskop dan pewarisan sifat berdasarkan golongan darah ABO merupakan salah satu materi pembelajaran siswa SMA di pelajaran biologi. Namun, tidak semua sekolah memiliki alat mikroskop dan kit golongan darah sebagai alat dan bahan penunjang keterampilan siswa dalan pengamatan sel dan deteksi golongan darah. Sel darah merupakan salah satu sel yang dapat dijadikan contoh kedua pembelajaran tersebut. Pemenuhan kompetensi tersebut dapat dilakukan dengan pemberian edukasi dan pelatihan prosedur kedua pemeriksaan tersebut melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada siswa SMA. Tujuan PKM ini memberikan edukasi dan pelatihan pemeriksaan golongan darah dan apusan darah tepi pada siswa SMA di Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini dilaksanakan di STIKes Mitra Keluarga dengan jumlah peserta siswa sebanyak 28 yang berasal dari 10 SMA di Kabupaten Bekasi. Tahap kegiatan ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Analisis data dilakukan dengan uji deskriptif dan komparatif 2 sampel menggunakan uji T-Tes berpasangan (paired t-test). Hasil kegiatan ini menunjukkan peserta perempuan berjumlah 24 (85.7%) orang sedangkan laki-laki berjumlah 4 (14,3%) orang. Nilai rata-rata pre-test sebesar 6.54 sedangkan post-test sebesar 8,32. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 12%. Hasil uji T-test berpasangan menunjukkan tidak ada perbedaansecara nyata antara nilai pre-test dan post-test dengan nilai signikansi sebesar (0,001<0,05). Kegiatan pemeriksaan golongan darah dan apusan darah tepi seluruh responden (100%) mengisi mendapatkan pengalaman baru. Kesimpulan dari PKM ini adalah peserta merasa puas terhadap pelatihan dan keterbaruan ilmu yang diberikan.
References
Anindita, R., Nurfajriah, S., Amelia, R., Andryan Ilsan, N., Inggraini, M., & Maya Sari, E. (2023). Edukasi Dan Pelatihan Pemeriksaan Infeksi Saluran Kemih (Isk) Pada Siswa Smk Teknologi Laboratorium Medis (Tlm) Di Kota Bekasi. Jurnal Abdi Insani, 10(4), 2301–2313. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i4.1180
Asna, A. F., Perdana, S. M., Amelia, R., & Syah, M. N. H. (2019). Anemia, Nutritional Status, and Dietary Patterns in Adolescent Girls of Vocational High School Students in Bekasi, Indonesia. Annals of Nutrition and Metabolism, Vol. 75, 280–280.
Barshtein, G., Livshits, L., Gural, A., Arbell, D., Barkan, R., Pajic-Lijakovic, I., & Yedgar, S. (2024). Hemoglobin Binding to the Red Blood Cell (RBC) Membrane Is Associated with Decreased Cell Deformability. International Journal of Molecular Sciences, 25(11). https://doi.org/10.3390/ijms25115814
Bekasi, K. (2021). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Pemerintah Kabupaten Bekasi 2022.
Dila T.R, Eko N.R., D. I. . (2023). Perbandingan pewarnaan giemsa, diff quick dan papanicolaou preparat efusi pleura di rsud a.w sjahranie. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(September), 4252–4258.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/870
Golikov, M. V., Valuev-Elliston, V. T., Smirnova, O. A., & Ivanov, A. V. (2022). Physiological Media in Studies of Cell Metabolism. Molecular Biology, 56(5), 629–637. https://doi.org/10.1134/S0026893322050077
Herawati, E., Listyawati, S., Widiyani, T., Budiharjo, A., & Astirin, O. P. (2024).
Pendampingan dan Peningkatan Kompetensi Praktek Biologi Mikroskopis bagi Siswa SMP Djama ’ atul Ichwan , Surakarta. 13(2), 161–168.
Inggraini M., Elfira M.S., Noor A.I., R. A. (2023). Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Karya Bahana Mandiri Dalam Bentuk Pelatihan Uji Resistensi Antibiotik. 0874(01), 15–20.
Kaspul, K., Ajizah, A., & Rezeki, A. (2022). Bimbingan Teknis Pengenalan Mikroskop dan Penggunaannya pada Pembelajaran Biologi Kelas X di SMA Negeri 1 Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 289. https://doi.org/10.20527/btjpm.v4i2.4811
Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kemendikbud, 2, 58.
Kiswari, R. (2014). Hematologi & Transfusi. Erlangga.
Li, H. Y., & Guo, K. (2022). Blood Group Testing. Frontiers in Medicine, 9(February), 1–11.
https://doi.org/10.3389/fmed.2022.827619
Mardani, R., Papuangan, N., & Yusuf, Y. (2024). Analisis Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Tentang Bagian Dan Fungsi Mikroskop Serta Perawatannya. Jurnal Bioedukasi, 7(1), 365–371. https://doi.org/10.33387/bioedu.v7i1.8026
Ramadhani, A. H., & Hendrati, L. Y. (2019). Hubungan Jenis Kelamin Dengan Tingkat Stress Pada Remaja Siswa SMA di Kota Kediri Tahun 2017. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Edisi Khusus, 4(2), 177–181.
Ramadhanti, M., Ria, A., & Danny, L. (2020). Gambaran Kadar Hemoglobin Pada Perokok Aktif Di Terminal Kayuringin Kota Bekasi. Jurnal Mitra Kesehatan, 2(1), 1–6.
Romanos-Sirakis EC, D. D. (2024). ABO Blood Group System. [Updated 2023 Sep 9]. StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK580518/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Mitra Masyarakat (JMM)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Mitra Masyarakat memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi pada artikel dapat bermanfaat bagi orang banyak. jurnal dapat diakses tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.