EDUKASI MENGENAI PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT SEBAGAI PENINGKAT SISTEM IMUN DI ERA ADAPTASI KEBIASAAAN BARU PADA KADER PKK RW 05 KELURAHAN MALAKA SARI JAKARTA TIMUR

Authors

  • Ni Putu Ermi Hikmawanti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Agustin Yumita Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Nora Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.47522/jmm.v2i1.47

Keywords:

Covid-19, Edukasi, New normal, Sistem imun, Tanaman obat

Abstract

Penerapan adaptasi kebiasaan baru (new normal) saat pandemi akibat infeksi corona (Covid-19) menjadikan lingkungan keluarga di rumah tangga merupakan kelompok kecil dalam masyarakat yang merupakan awal dari terciptanya sistem imunitas yang lebih luas. Melalui edukasi kepada ibu sebagai kunci utama dalam manajemen kesehatan di rumah tangga maka pengendalian segera infeksi virus ini diharapkan dapat terwujud, salah satunya dengan pemanfaatan tanaman obat secara tradisional. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh belum adanya pelatihan dan penyuluhan secara langsung kepada warga mengenai pengolahan dan pemanfaatan tanaman obat tradisional kepada ibu-ibu kader PKK RW 05 Kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan meliputi pembekalan pengetahuan mengenai: 1). pentingnya sistem imunitas dan cara menjaganya di masa pandemi, 2). tanaman obat tradisional dan manfaat dalam meningkatkan sistem imunitas, 3). cara mengolah tanaman obat tradisional yang benar dan tepat, sehingga efek yang diinginkan dapat tercapai. Hasil survei menunjukkan bahwa 72,2% responden membuat ramuan tanaman obat tradisional sendiri, sebanyak 66,7% meracik sesuai takaran sendiri dan 54,2% merasakan manfaatnya. Edukasi yang diberikan harapannya mampu meningkatkan pengetahuan Ibu-ibu PKK yang mayoritas mengolah ramuan tanaman obat tradisional secara mandiri, sehingga dapat menerapkannya dengan tepat dan benar

References

Bhat, S.A., Rather, S.A., Iqbal, A., Qureshi, H.A., Islam, N. 2020. Immunomodulators for Curtailing COVID-19: a Positive Approach. Journal of Drug Delivery and Therapeutics. 10(3-s):286-294.

BPOM RI. 2010. Acuan Sediaan Herbal. BPOM RI: Jakarta.

BPOM RI. 2020. Pedoman Penggunaan Herbal dan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi COVID-19 di Indonesia, Cetakan Pertama. BPOM RI: Jakarta.

BPOM RI. 2020. Buku Saku Obat Tradisional untuk Daya Tahan Tubuh. BPOM RI: Jakarta.

Hartanti, D., dhiani, B.A., Charisma, S.L., Wahyuningrum, R., 2020. The Potential Roles of Jamu for COVID-19: A Learn from the Traditional Chinese Medicine. Pharmaceutical Sciences and Research (PSR), 7(Special Issue on COVID-19), 2020: 12-22.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Pedoman Budidaya, Panen dan Pascapanen Tanaman Obat. Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan: Jakarta.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. http://covid19.go.id/ (diakses 1 Desember 2020 pukul 17.05 WIB).

Downloads

Published

2021-06-12

How to Cite

Hikmawanti, N. P. E. ., Yumita, A. ., & Wulandari, N. . (2021). EDUKASI MENGENAI PENGOLAHAN DAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT SEBAGAI PENINGKAT SISTEM IMUN DI ERA ADAPTASI KEBIASAAAN BARU PADA KADER PKK RW 05 KELURAHAN MALAKA SARI JAKARTA TIMUR . Jurnal Mitra Masyarakat (JMM), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.47522/jmm.v2i1.47