PENGARUH PENYULUHAN PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG BALITA DI POSYANDU KEMBANG MATAHARI 1 MARGAHAYU, KOTA BEKASI

Authors

  • Tri Marta Fadhilah STIKes Mitra Keluarga
  • Salma Faradilla STIKes Mitra Keluarga
  • Lia Regita Prastiwi STIKes Mitra Keluarga
  • Krisna Heididiana STIKes Mitra Keluarga
  • Nindy Claudia Shinta STIKes Mitra Keluarga
  • Indry Veronica STIKes Mitra Keluarga
  • Benefita Rahma STIKes Mitra Keluarga
  • Sucu Putri STIKes Mitra Keluarga

DOI:

https://doi.org/10.47522/jmm.v1i2.12

Keywords:

penyuluhan pendidikan gizi, pengetahuan gizi seimbang balita

Abstract

Penyuluhan kesehatan adalah gabungan berbagai kegiatan yang berlandaskan prinsip-prinsip belajar untuk mencapai keadaan, dimana individu, keluarga, kelompok atau masyarakat tahu bagaimana yang harus dilakukan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai kehidupan yang sehat. Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu dan balita di Posyandu Kembang Matahari I Rawa Semut tentang pentingnya Gizi Seimbang Pada Balita. Media yang digunakan terdiri dari poster, slide dan leaflet. Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan ibu dan balita dapat menerapkan gizi seimbang. Sasaran pada kegiatan penyuluhan gizi ini adalah ibu dan balita Posyandu Kembang Matahari I. Untuk hasil pada penyuluhan ini, kami melakukan survey penilaian penyuluhan menggunakan kuesioner post-test dan pre-test kepada ibu-ibu di posyandu Kembang Matahari I dengan hasil terdapat perbedaan pengetahuan antara sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan mengenai gizi seimbang pada balita.

References

Arisman. 2010. Gizi Dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI. 2010.Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2010.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI. 2010. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2010.

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2010.

Departemen Kesehatan RI. 2003. Pedoman Umum Gizi Seimbang (Panduan Untuk Petugas). Jakarta: Departemen Kesehatan

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat FKM UI. 2010. Gizi dan Kesehatan Masyarakat.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI. 2003. Gizi Seimbang Menuju HIdup Sehat bagi Balita. Jakarta: Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI.

Departemen Kesehatan RI. 1992. Bila Anda Ingin Bayi yang Sehat. Jakarta: Direktorat Bina PEran Serta Masyarakat Dir. Jen. Pembinaan Kesehatan Masyarakat.

Departemen Kesehatan RI. 2003. Pedoman Umum Gizi Seimbang (Panduan Untuk Petugas). Jakarta: Departemen Kesehatan

Marimbi. 2010.Tumbuh Kembang, Status Gizi dan Imunisasi Dasar pada Balita. Yogyakarta :

Nuha Medika UNICEF. The State Of The World’s Children 2016. Available from https://www.unicef.org/sowc2016/ diakses pada 5 Agustus 2017.

Downloads

Published

2019-06-24

How to Cite

Fadhilah, T. M. ., Faradilla, S. ., Prastiwi, L. R. ., Heididiana, K. ., Shinta, N. C. ., Indry Veronica, … Putri, S. . (2019). PENGARUH PENYULUHAN PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG BALITA DI POSYANDU KEMBANG MATAHARI 1 MARGAHAYU, KOTA BEKASI. Jurnal Mitra Masyarakat (JMM), 1(2), 1–5. https://doi.org/10.47522/jmm.v1i2.12