PENDIDIKAN KESEHATAN ONLINE MENGGUNAKAN KOMIK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN COVID 19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rohayati Rohayati STIKes Mitra Keluarga
  • Yeni Iswari STIKes Mitra Keluarga
  • Anung Ahadi Pradana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Keluarga

DOI:

https://doi.org/10.47522/jmm.v2i1.55

Keywords:

Komik, pendidikan kesehatan, COVID 19, dokter kecil, UKS

Abstract

Prevalensi penyakit COVID 19 pada anak cenderung lebih rendah dibanding kelompok usia lainnya. Meskipun begitu, anak dapat menjadi carrier yang menularkan virus. Kebijakan menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka di sekolah akan mulai dibuka seiring dengan penurunan prevalensi dan cakupan vaksinasi yang meningkat. Oleh karena itu, siswa harus diberikan edukasi agar dapat mencegah  penularan COVID 19 pada dirinya dan lingkungan sekitarnya. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa sebagai dokter kecil UKS dalam pencegahan penyakit COVID 19. Pengabdian dilakukan melalui pendidikan kesehatan online yang diikuti oleh Dokter Cilik UKS SDIT Thariq Bin Ziyad. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan rerata pengetahuan dalam kategori baik dari 70,59% menjadi 100%. Hasil uji statistic menggunakan wilcoxon test  menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai pengetahuan dokter cilik sebelum dan sesudah intervensi (p value 0,83). Penggunaan teknologi dan media edukasi sesuai dengan karakteristik siswa dapat dipilih sebagai salah satu alternative edukasi saat pandemic atau pembatasan interaksi lainnya

References

Aisyah, R., Zakiyah, I. A., Farida, I., & Ramdhani, M. A. (2017). Learning crude oil by using scientific literacy comics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12011. IOP Publishing.

Amresh, A., Sinha, M., Birr, R., & Salla, R. (2015). Interactive Cause and Effect Comic-book Storytelling for Improving Nutrition Outcomes in Children. 9–14. https://doi.org/10.1145/2750511.2750533

Bai, Y., Yao, L., Wei, T., Tian, F., Jin, D.-Y., Chen, L., & Wang, M. (2020). Presumed asymptomatic carrier transmission of COVID-19. Jama, 323(14), 1406–1407.

Branscum, P., Sharma, M., Wang, L. L., Wilson, B., & Rojas-Guyler, L. (2013). A Process Evaluation of a Social Cognitive Theory-Based Childhood Obesity Prevention Intervention: The Comics for Health Program. Health Promotion Practice, 14(2), 189–198.

Downloads

Published

2021-06-12

How to Cite

Rohayati, R., Iswari, Y. ., & Pradana, A. A. . (2021). PENDIDIKAN KESEHATAN ONLINE MENGGUNAKAN KOMIK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN COVID 19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Mitra Masyarakat (JMM), 2(1), 70–78. https://doi.org/10.47522/jmm.v2i1.55