PENDIDIKAN KESEHATAN ONLINE MENGGUNAKAN KOMIK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENCEGAHAN COVID 19 PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.47522/jmm.v2i1.55Keywords:
Komik, pendidikan kesehatan, COVID 19, dokter kecil, UKSAbstract
Prevalensi penyakit COVID 19 pada anak cenderung lebih rendah dibanding kelompok usia lainnya. Meskipun begitu, anak dapat menjadi carrier yang menularkan virus. Kebijakan menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka di sekolah akan mulai dibuka seiring dengan penurunan prevalensi dan cakupan vaksinasi yang meningkat. Oleh karena itu, siswa harus diberikan edukasi agar dapat mencegah penularan COVID 19 pada dirinya dan lingkungan sekitarnya. Tujuan Pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa sebagai dokter kecil UKS dalam pencegahan penyakit COVID 19. Pengabdian dilakukan melalui pendidikan kesehatan online yang diikuti oleh Dokter Cilik UKS SDIT Thariq Bin Ziyad. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan rerata pengetahuan dalam kategori baik dari 70,59% menjadi 100%. Hasil uji statistic menggunakan wilcoxon test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nilai pengetahuan dokter cilik sebelum dan sesudah intervensi (p value 0,83). Penggunaan teknologi dan media edukasi sesuai dengan karakteristik siswa dapat dipilih sebagai salah satu alternative edukasi saat pandemic atau pembatasan interaksi lainnya
References
Aisyah, R., Zakiyah, I. A., Farida, I., & Ramdhani, M. A. (2017). Learning crude oil by using scientific literacy comics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12011. IOP Publishing.
Amresh, A., Sinha, M., Birr, R., & Salla, R. (2015). Interactive Cause and Effect Comic-book Storytelling for Improving Nutrition Outcomes in Children. 9–14. https://doi.org/10.1145/2750511.2750533
Bai, Y., Yao, L., Wei, T., Tian, F., Jin, D.-Y., Chen, L., & Wang, M. (2020). Presumed asymptomatic carrier transmission of COVID-19. Jama, 323(14), 1406–1407.
Branscum, P., Sharma, M., Wang, L. L., Wilson, B., & Rojas-Guyler, L. (2013). A Process Evaluation of a Social Cognitive Theory-Based Childhood Obesity Prevention Intervention: The Comics for Health Program. Health Promotion Practice, 14(2), 189–198.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Mitra Masyarakat memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi pada artikel dapat bermanfaat bagi orang banyak. jurnal dapat diakses tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.